Ternyata Buah Simalakama Itu ...

Anda mungkin sering mendengar kata buah simalakama untuk mengekspresikan suatu keadaan yang sulit, maju kena mundur pun kena, ibarat makan buah simalakama... Namun ternyata buah simalakama tsb ternyata betul-betul ada dan bukan hanya mitos. Tahukah Anda buah simalakama itu?

Apa Itu Buah Simalakama?

buah mahkota dewa, buah simalakama
Buah simalakama merupakan buah asli Indonesia yang banyak tumbuh di tanah Papua. Buah simalakama lebih dikenal dengan nama buah mahkota dewa. Dinamai buah simalakama karena bijinya bila termakan dapat menyebabkan malakama atau kematian, namun daging buahnya dapat digunakan sebagai obat.

Kandungan Dan Khasiat Buah Simalakama Atau Buah Mahkota Dewa

Buah simalakama atau buah mahkota dewa telah dipercaya sebagai obat herbal yang ampuh. Khasiat buah mahkota dewa sebagai obat karena kandungan alkaloid, flavonoid, saponin dan polifenol yang terdapat dalam buah tsb.

Bagian yang dapat digunakan sebagai bahan obat adalah daun, kulit buah dan daging buah. Namun orang biasanya menggunakan daging buahnya untuk pengobatan.

Berikut adalah khasiat dari buah simalakama atau buah mahkota dewa:

  1. Menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Kolesterol jahat berperan dalam penyempitan pembuluh darah dan bila plak tsb terkikis maka dapat membentuk gumpalan yang dapat menyumbat pembuluh darah sehingga sirkulasi darah menjadi tidak lancar dan dapat memicu terjadinya stroke.
  2. Melancarkan peredaran darah atau memperlancar sirkulasi darah. Sirkulasi darah yang tidak lancar ditandai dengan seringnya kesemutan.
  3. Dapat digunakan sebagai bahan detoksifikasi atau membantu proses pembuangan racun dari dalam tubuh.
  4. Dapat digunakan sebagai anti radang atau anti inflamasi dan mengurangi rasa sakit.
  5. Sebagai anti alergi atau mengobati alergi atau gatal-gatal.
  6. Digunakan pula untuk pencegahan penyakit kanker, diabetes, asam urat, lever dan ginjal.

Cara Pengolahan Buah Simalakama Atau Buah Mahkota Dewa

Buah simalakama biasa dimanfaatkan sebagai obat dengan cara direbus dan diambil saripati / ekstraknya lalu diminum. Daun buah simalakama atau buah mahkota dewa dapat diseduh sebagai minuman teh.

Hati-hati dengan bijinya, jangan sampai termakan dan terolah menjadi bahan obat karena kandungan racunnnya yang tinggi.

photo credit: wikipedia.org

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ternyata Buah Simalakama Itu ..."

Post a Comment

Silahkan berkomentar sesuai topik artikel dengan kata-kata sopan dan bijak,

- Dilarang menautkan link hidup atau menggunakan link mati pada kolom komentar karena setiap komentar yang mengandung promosi url akan terhapus otomatis.

- Anda masih dapat menautkan link dengan menggunakan pilihan "URL" pada pengomentar.