Kandungan Dan Khasiat Pepaya

khasiat pepaya
Pepaya merupakan salah satu buah tropis yang sangat mudah penanamannya dan dapat ditanam di pekarangan rumah tanpa perawatan khusus. Buah ini menjadi buah favorit masyarakat Indonesia pada umumnya karena harganya yang murah dan mudah diperoleh. 

Pepaya bukan merupakan buah asli Indonesia karena berasal dari daerah Meksiko. Tanaman buah yang memiliki nama latin Carica papaya merupakan tumbuhan dalam kelompok keluarga Caricaceae. Daging buah pepaya yang berwarna kuning sampai merah muda terasa manis, lembut dan mengandung banyak air dengan baunya yang khas, sementara daun pepaya yang berwarna hijau berasa pahit. Orang biasanya memanfaatkan bagian bunga, daun dan buah pepaya baik untuk makanan maupun pengobatan. 

Kandungan Nutrisi Buah Pepaya

Buah pepaya mengandung banyak vitamin dan mineral yang sangat diperlukan tubuh. Dan bagusnya lagi buah pepaya memiliki kandungan lemak yang sangat rendah dan tanpa kolesterol sehingga sangat baik untuk menjadi menu diet. 

Berikut adalah kandungan nutrisi buah pepaya per 100 gram buah:
Lemak (0.1 gr)
Karbohidrat (10 gr)
Protein (0.6 gr)
Kalori (39)
Serat (1.8 gr)
Vitamin A (1.750 IU)
Vitamin B ( 0.03 mg)
Riboflavin (0.04 mg)
Niacin (0.3 mg)
Vitamin C (56 mg)
Kalsium (20 mg)
Zat Besi (0.3 mg)
Fosfor (16 mg)
Kalium (470 mg)

Kandungan lainnya dari buah pepaya adalah fitonutrisi penting yaitu betakaroten (276 µg) , Beta Crypto-xanthin (761 µg) dan Lutein-zeaxanthin (75 µg).

Selain itu pepaya mengandung enzym papain yaitu suatu enzim yang berfungsi merusak struktur protein sehingga protein mudah untuk dicerna dalam tubuh. Kandungan papain dalam pepaya inilah orang biasanya menggunakan daun pepaya dalam pengolahan daging kambing yang terkenal alot.

Khasiat Daun, Buah Dan Biji Pepaya

khasiat pepaya
Berkat kandungan nutrisi di dalamnya, buah pepaya menjadi buah yang sangat bermanfaat bagi kesehatan. Berikut ini beberapa khsiat kesehatan dari buh pepaya untuk tubuh manusia.

1. Khasiat dan Manfaat Daun dan Buah Pepaya untuk Kesehatan Rambut

Buah pepaya sering digunakan sebagai bahan dalam produk perawatan rambut. Buah pepaya dapat meningkatkan pertumbuhan rambut dan rambut semakin kuat sehingga sangat baik digunakan untuk mencegah kebotakan dan mengurangi kerontokan rambut. Selain itu pepaya dapat digunakan untuk menghilangkan minyak pada rambut sehingga dapat mengendalikan ketombe.
Ekstrak daun pepaya dapat digunakan sebagai kondisioner dan mengkilaukan rambut kusam

2. Manfaat Buah Pepaya Dalam Kecantikan

Pepaya sangat baik untuk menyehatkan kulit. Dengan mengkonsumsi buah pepaya secara teratur, kulit Anda akan lebih segar dan kandungan air dalam buah pepaya yang tinggi dapat mencegah kulit kering. Kandungan antioksidan dan papainnya mampu menangkal radikal bebas penyebab penuaan dini dan menghilangkan sel mati. Dengan demikian Anda akan selalu tampil cantik. 

3. Khasiat Buah Pepaya Dalam Mencegah Hipertensi Dan Penyakit Jantung

Salah satu penyebab hipertensi atau tekanan darah tinggi adalah tingginya kadar natrium dalam darah. Kandungan kalium yang cukup tinggi dalam pepaya berguna untuk menggantikan ion natrium dalam darah sehingga dapat membantu menjaga tekanan darah yang stabil. Kandungan kalium ini juga yang membantu menjaga kesehatan jantung. Adanya kandungan antioksidan mencegah proses oksidasi pada kolesterol.

4. Buah Pepaya Berkhasiat Menyehatkan Mata

Buah pepaya mengandung vitamin A yang sangat bagus untuk meningkatkan penglihatan dan menyehatkan mata.

5. Manfaat Buah Pepaya Dalam Membantu Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Kandungan nutrisinya yang lengkap dan kandungan antioksidannya mampu menangkal serangan radikal bebas.Kandungan vitamin C yang tinggi dapat mencegah seseorang dari penyakit flu dan infeksi lainnya dengan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

6. Buah Pepaya Dapat Digunakan Untuk Penyembuhan Luka Bakar

Anda dapat menggunakan buah pepaya matang langsung pada luka untuk mempercepat proses penyembuhan. 

7. Khasiat Buah Pepaya Dalam Mengurangi Gangguan Pernapasan

Buah pepaya dapat digunakan untuk membantu mengurangi batuk, sesak napas dan bronkitis. 

8. Diabetes

Walaupun buah pepaya memiliki rasa yang manis, namun pepaya termasuk buah-buahan yang baik untuk penderita diabetes.

9. Buah Pepaya Berkhasiat Mengobati Sembelit dan Mencegah Kanker Usus

Bila Anda merasa susah buang air besar / sembelit maka Anda dapat memakan buah pepaya untuk melancarkan pencernaan Anda. Kandungan serat pada buah pepaya mampu mengikat racun dan mempercepat pengeluarannya dari usus sehingga resiko terjadinya kanker usus dapat berkurang. 

10. Khasiat Biji Pepaya Untuk Menjaga Kesehatan Ginjal

Biji pepaya mengandung flavonoid dan phenotic, sebuah zat aktif yang berperan penting dalam menjaga kesehatan ginjal.

11. Mengeluarkan Duri Dari Tubuh

Selain daun, buah dan biji pepaya, ternyata getah pepaya pun dapat digunakan untuk penyembuhan luka. Mungkin Anda pernah mengalami masuknya duri dalam daging atau masuknnya serpihan kayu yang tajam dalam daging tubuh kita. Tak usah panik bila mengalami hal demikian, Anda cukup mencari getah pepaya. Kandungan papain pada getah pepaya mampu melunakkan daging sehingga pengeluaran duri dalam daging lebih cepat.

Cara Pengolahan Pepaya

Daun pepaya muda biasanya dapat digunakan sebagai lalapan mentah atau direbus sebagai lalapan matang. Bunga dan daun pepaya sering digunakan sebagai masakan manado yang enak. 

Buah pepaya dapat dimakan langsung atau dibuat jus.

Itulah kandungan dan khasiat pepaya untuk kecantikan dan pengobatan.
Selamat mencoba ...


photo credit: wikipedia.org

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kandungan Dan Khasiat Pepaya"

Post a Comment

Silahkan berkomentar sesuai topik artikel dengan kata-kata sopan dan bijak,

- Dilarang menautkan link hidup atau menggunakan link mati pada kolom komentar karena setiap komentar yang mengandung promosi url akan terhapus otomatis.

- Anda masih dapat menautkan link dengan menggunakan pilihan "URL" pada pengomentar.