Teknik Menanam Sayuran Dengan Cara Memotong Batang Sayuran

Anda mungkin sering menanam sayuran di dalam rumah atau pekarangan rumah untuk memenuhi kebutuhan sayuran keluarga Anda. Biasanya Anda menanam sayuran dengan menggunakan bibit yang sudah jadi atau menanam menggunakan bijinya. Namun sebetulnya ada cara lain untuk menanam sayuran selain dua cara di atas yaitu menanam sayuran menggunakan batang sayuran.



Teknik perbanyakan tanaman ini sangat baik digunakan terutama bila Anda tak memiliki bibitnya lalu Anda melihat sayuran tetangga yang sangat sehat dan menarik hati untuk ditanam di halaman rumah Anda. Anda cukup meminta salah satu cabang batang sayuran tsb kepada tetangga Anda lalu kemudian ditanam di pekarangan atau kebun Anda. Selain itu cara penanaman ini lebih cepat dibandingkan menanam sayuran menggunakan bijinya yaitu hanya memerlukan waktu sekitar 2 minggu saja dari pemotongan batang, pengakaran sampai siap untuk ditanam di pekarangan. Lalu bagaimana caranya? Yuk simak penjelasannya di bawah ini.




Cara Menanam Sayuran Dengan Cara Menggunakan Potongan Batangnya


1.     Pilihlah tanaman yang sehat untuk dijadikan induk tanaman
2.     Pilihlah batang tanaman yang terletak pada pertengahan antara tanah dan atas tanaman.
3.     Potonglah cabang tanaman dengan cara mengirisnya pada ujung pertemuan antara cabang dan batang tanaman.
4.     Gunakan pisau yang tajam untuk pemotongannya dan usaplah pisau tsb menggunakan alcohol 70% sebelum digunakan untuk menghilangkan mikroba penyebab bibit penyakit yang terdapat pada pisau tsb.
5.     Berikan hormon pertumbuhan akar pada ujung potongan batang tadi.
6.     Tanamlah potongan tanaman tadi pada pot atau wadah lain yang berisi tanah atau media tanam.
7.     Tempatkan pot yang berisi sayuran tsb  di tempat yang terang tetapi tidak terkena sinar matahari langsung.
8.     Lakukan penyiraman setiap kali media tanam terasa kering.
9.     Bila cara penanaman Anda berhasil maka dalam seminggu Anda dapat melihat akar baru akan muncul. Dalam umur 2 minggu maka tanaman Anda akan siap dipindahkan ke tempat yang baru.

Walaupun teknik perbanyakan tanaman ini relatif lebih cepat namun tak semua sayuran dapat dikembangbiakan menggunakan teknik penanaman menggunakan batangnya. Hanya sayuran yang berkayu saja yang cocok menggunakan metode ini seperti cabai dan tomat.


Selamat mencoba …

Referensi: gardeningknowhow.com

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Teknik Menanam Sayuran Dengan Cara Memotong Batang Sayuran"

Post a Comment

Silahkan berkomentar sesuai topik artikel dengan kata-kata sopan dan bijak,

- Dilarang menautkan link hidup atau menggunakan link mati pada kolom komentar karena setiap komentar yang mengandung promosi url akan terhapus otomatis.

- Anda masih dapat menautkan link dengan menggunakan pilihan "URL" pada pengomentar.