6 Hal Yang Harus Diperhatikan Agar Tanaman Hidroponik Tumbuh Optimal

Meskipun menaman menggunakan system hidroponik memiliki banyak keuntungan dan lebih mudah perawatannya dibandingkan system konvensional yang menggunakan tanah sebagai media tanamnya, tetapi Anda tetap harus memperhatikan tanaman Anda agar dapat tumbuh secara optimal. Tumbuh optimal yang dimaksud disini adalah tumbuhan cepat besar, sehat, cepat berbuah dan cepat panen.







Air merupakan media utama yang digunakan dalam system hidroponik. Air yang kotor atau terkena polusi sangat tidak dianjurkan untuk digunakan. Cara termudah untuk memeriksa apakah air yang digunakan bersih dan sehat adalah dari warna, bau, rasa dan derajat keasaman. Air yang basa atau mengandung alkali yang tinggi akan menyebabkan tanaman Anda tumbuh tidak sehat. Gunakanlah air dengan pH 5-7 untuk media hidroponik.

2. Cahaya 

Semua tanaman memerlukan sinar matahari yang cukup untuk pertumbuhannya. Mungkin masih ingat dengan istilah fotosintesa yaitu suatu proses pengolahan makanan menjadi energy pada tumbuhan dengan bantuan sinar matahari. Tanaman yang kekurangan sinar matahari akan tumbuh kurus dan tinggi. Anda dapat menambahkan cahaya buatan dengan lampu bila tanaman hidroponik Anda ditaruh di dalam ruangan yang tidak terkena sinar matahari. Tanaman indoor (dalam ruangan) biasanya memerlukan penerangan 8-10 jam per hari.

3. Nutrisi 

Nutrisi sangat penting bagi makhluk hidup termasuk tanaman. Tanaman yang kekurangan nutrisi akan tumbuh menjadi tanaman kurus kurang gizi. Nutrisi yang sangat diperlukan tanaman adalah unsur Nitrogen (N), Fosfor (P), dan Kalium (K) - atau yang sering disebut dengan NPK. Sementara unsur lainnya diperlukan sebagai suplemen perangsang pertumbuhan agar cepat berbuah dsb.

4. Suhu 

Tanaman memerlukan suhu optimal untuk pertumbuhannya. Tanaman yang terkena suhu panas akan mudah layu dan akhirnya mati. Saran saya bila sedang musim kemarau dan suhu luar ruangan sedang panas-panasnya seperti sekarang ini akan lebih baik bila dimasukkan ke dalam ruangan.

5. Oksigen

Dalam berkebun hidroponik, tanaman memerlukan oksigen untuk pengambilan nutrisi oleh akar. Penting sekali menjaga kadar oksigen dalam air. Air yang diam akan membuat akar sulit mengambil nutrisi sehingga penting sekali untuk mengganti air pada hidroponik setiap seminggu sekali atau Anda dapat memberikan aerasi buatan, seperti yang dilakukan pada aquarium. Sebaiknya gunakan wadah yang tidak tembus cahaya untuk tempat larutan nutrisi untuk mencegah tumbuhnya lumut dan menutupi akar sehingga menyulitkan akar dalam pengambilan nutrisi.

6. Struktur Pendukung

Struktur pendukung seperti media tanam, sumbu, netpot perlu diperhatikan agar tanaman dapat tumbuh tegak / tidak roboh dan memastikan akar berada di dalam larutan nutrisi.

Itulah 6 hal yang perlu diperhatikan agar tanaman hidroponik tumbuh optimal, cepat besar, cepat berbuah dan cepat panen. Yuk ah mari berkebun ... 

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "6 Hal Yang Harus Diperhatikan Agar Tanaman Hidroponik Tumbuh Optimal"

Silahkan berkomentar sesuai topik artikel dengan kata-kata sopan dan bijak,

- Dilarang menautkan link hidup atau menggunakan link mati pada kolom komentar karena setiap komentar yang mengandung promosi url akan terhapus otomatis.

- Anda masih dapat menautkan link dengan menggunakan pilihan "URL" pada pengomentar.